Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Affilate Marketing, Tren eBisnis Tahun 2012

Saya baru saja selesai berselancar di internet dengan kata kunci “tren bisnis internet marketing 2012”. Hasilnya fantastis dan mencengangkan, hasil-hasil browsing saya tadi itu akan mengisi posting blog saya malam ini.

Tapi maaf sebelum, untuk mendukung posting saya kemaring Belajar SEO Mulainya Darimana? saya ingin kasi info ada sebuah buku gratis, cukup bagus dan layak anda koleksi sebagai pembelajar SEO pemula. Saya temukan buku itu tadi pas browsing tadi. Ditulis seorang Blogger asal kota Malang, seorang pakar blogging dan SEO bernama kangmusa. Ia tulis buku ini tahun 2008 tapi saya rasa masih sangat actual judulnya blog monetization options. Kalo mau download Silakan KLIK DISINI

Oke lanjut…

Bisnis apa yang tren tahun 2012 ini? Dari hasil perselancaran saya tadi, saya meyimpulkan yang tren saat ini adalah affiliate marketing dengan produk sendiri. Satu wawancara bagus yang ditulis Mas Medhy Aginta dengan seorang marketer hebat indonesia mengantarkan saya penasaran mencari tau siapa sebenarnya dia. Ternyata memang seorang marketer hebat. Saya menemukan banyak link di websitenya yang berupa selles letter dan beberapa link cukup mencerahkan dan sangat positif. Saya jadi tertarik bisnis affiliate. Untuk mas Medhy yang menulis wawancara itu terima kasih.

Menurut Wikipedia, Affilaite marketing is “Affiliate marketing is a type of performance-based marketing in which a business rewards one or more affiliates for each visitor or customer brought about by the affiliate's own marketing efforts” (Afiliasi pemasaran berbasis kerja berimbal di mana seorang yang berhasil mempromosikan atau berhasil membawa konsumen untuk membeli produk, maka seorang pemasar akan mendapatkan imbalan karena pelanggan yang dibawanya). Mudahnya, affiliate marketing itu seles yang menjual. Gak beda dengan seles sepeda motor yang dating kerumah kita bawa brosur dan formulir lalu dengan segala cara mereka menawarkan kita sepeda motor terbarunya. Sadis amat…tapi itulah affiliate marketing.

Tapi hebatnya, affiliate marketing ini hasilnya besar banget, konon tiga perusahaan besar Amazon.com, JVZoo.com dan clickbank berani membayar hingga 50 persen dari harga barang. Itu yang konvensional, bisnis internet marketing yang baru adalah, para marketer saat ini berusaha membuat produk sendiri kemudian menjualnya sendiri dengan system bisnisnya sendiri.

Dulu pernah popular bisnis seperti ini dengan menggunakan script letter yang dipopulerkan FB-nya Joko S****O dengan Gempar (gak tau apa masih samai sekarang), bedanya, saat ini bisnis ini lebih dipermudah dengan tersedia berbagai macam CMS yang siap dijadikan alat mislanya wordpress. Sehingga, kalo dulu kita melihat bisnis affiliate benar-benar konvensional dan kolot sekarang kita melihat bisnis ini semakin segar dan takubahnya blog. Ini tentu perkembangan yang sangat bagus dan buat saya menarik.

Saya baru saja daftar di wpbisnisonline disitu juga menggunakan system yang sama, saying sekali saya mau daftar katanya buka upgrade nanti tanggal 10 juni. Saya gak tau apakah akan memutuskan menjalani bisnis ini bersama situs itu atau dengan situs yang lain, saya akan banyak mempertimbangaknanya.

Tapi, menurut saya melihat perkembangan bisnis affiliate yang sedang booming saat in, para blogger juga mestinya membuka mata. Karena hanya mengharapkan dari Google Adsense apalagi yang baru mulai saat ini, lumayan menjadi momok yang sangat menyakitkan karena harus memantau menulis terus menerus dan mengapdate “keyword” setiap hari…Ini benar-nbenar bisnis yang perlu dipertimbangan para blogger pemula seperti saya. Yuk siapa yang mau ikutan…hehe

Cukup sekian ya ,,,, sampai ketemu di artikel-artikel yang lain….

Blog Directory | Submit to Directories and Promote your Blogs